DAFTAR LINK PENTING

Info Penting : Link Khusus Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Kelas 12 MAN 2 Grobogan Tahun Pembelajaran 2023/2024 | Open Access

Jumat, 20 Maret 2020

COVID 19 : PANDEMI DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN


Penyebaran virus corona baru (Covid 19) yang terjadi dibelahan dunia dan khususnya di Indonesia sampai saat ini belum ada tanda-tanda tren penurunan. Berdasarkan laporan terpercaya yang selalu melakukan update perkembangan covid 2019 dunia, yaitu worldometers.info/coronavirus sampai sekarang tercatat covid 19 (coronavirus) telah menginfeksi penduduk dunia sebanyak 6.406.512 dengan total yang meninggal 378.201.  Indonesia sendiri seperti yang dilaporkan oleh wordometer.info, jumlah kasus coronavirus sebanyak 27.549 dan 1663 dilaporkan meninggal dunia (2 Juni 2020). (Lihat Tabel dan Informasi disini).

Pemerintah terus mengupayakan agar penyebaran virus ini dapat dikendalikan, sehingga pemerintah provinsi/daerah yang memiliki potensi penyebarannya tinggi langsung mengambil sikap. Seperti provinsi Jawa Tengah melalui Surat Edaran Pemprov Jateng Nomor 965/932 Sekolah di liburkan (belajar dirumah) mulai tertanggal 14-31 Maret 2020.  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Grobogan sebagai lembaga pendidikan formal yang berada di Jawa Tengah juga melakukan hal yang sama sebagai tindak lanjut Surat Edaran.

Minggu, 04 Agustus 2019

DIGITALISASI PEMILIHAN KETUA OSIS MA NEGERI 2 GROBOGAN


Digitalisasi dalam segala bidang adalah keniscayaan pada abad 21 ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran dari proses belajar hingga penilaian, saat ini tak terlepas dari kemajuan piranti teknologi berupa komputer dan gadget canggih (smart phone). Penggunaan teknologi ini menghemat jutaan rupiah dan sekaligus ramah lingkungan.  Penilaian berbasis kertas yang bergeser ke penilaian berbasis web, telah terbukti lebih efektif dan efisien.
Selama tiga tahun terakhir, MA Negeri 2 Grobogan telah mengimplementasikan kecanggihan teknologi informatika dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian.  Ulangan harian, penilaian akhir semester, hingga pelaporan hasil belajar dalam bentuk rapor, telah menggunakan piranti lunak (software) yang telah dikembangkan oleh Pusat Teknologi dan Komputer (Pustekom) MA Negeri 2 Grobogan.  Ke-akuratan data, kemudahan dalam menganalisis, akuntabel, dan transparansi penilaian yang bertanggungjawab, menjadi alasan MA Negeri 2 Grobogan menggunakan kemajuan teknologi informatika.  Demikian juga dengan Pendaftaran Calon Siswa Baru MA Negeri 2 Grobogan,  memasuki tahun Ajaran Baru 2019/2020 telah menggunakan sistem online dalam pendaftarannya.

Selasa, 23 Juli 2019

PENDIDIKAN BERBASIS HAK ANAK

Oleh : Mahbub Alwathoni
(Artikel sebelumnya pernah dimuat di Jawa Post 2015)

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.  Eksistensi dan esensi manusia hanya dapat dicapai ketika menusia dapat memahami dan menemukan dirinya sebagai makhluk yang berfikir.  Pendewasaan seseorang dan penentuan apakah ia bermoral ataupun tidak, berakhlak mulia atau tidak, cerdas atau tidak, hanya dapat ditentukan melalui pendidikan. Pendidikan juga merupakan  alat rekayasa sosial yang paling efektif untuk menyiapkan bentuk masyarakat masa depan.  Begitu pentingnya pendidikan sehingga hal ini harus menjadi tanggungjawab pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.  

Kamis, 04 April 2019

PENGUMUMAN SNMPTN DAN SPAN PTAIN 2019



Bismillahirrahmaanirrahim,
Syukur kepada Allah SWT keluarga besar MA Negeri 2 Grobogan pada tahun ini telah berhasil mengantarkan peserta didik ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan SPAN PTAIN.  Madrasah Aliyah Negeri termuda di Indonesia ini, dalam kiprahnya pada dunia pendidikan terus berusaha berbenah diri dan berharap menjadi kiblat pendidikan madrasah khususnya di kabupaten Grobogan.

Rabu, 27 Maret 2019

MENGENANG SANG MAESTRO PENDIDIKAN

Oleh : Mahbub Alwathoni
(Artikel ini sebelumnya di muat di Harian Solo Post 12/3/2017)

Kamis, tanggal 7 – 8 April 2016 yang lalu John Dewey Society sebuah organisasi  yang fokus pada filsafat pendidikan, menyelenggarakan konferensi tentang demokrasi dan pendidikan (The Centennial Conference on Democracy and Education) di Washington DC, Amerika Serikat.  Tujuh akademisi dari beberapa universitas terkemuka dunia membahas pemikiran beberapa tokoh yang dianggap memiliki kontribusi besar dan brillian terhadap dunia pendidikan dan demokrasi.  Diantara tokoh yang dibahas adalah John Dewey (1859 – 1952), Confucius (551 – 479 B.C), Mahatma Gandhi (1869 – 1948), Ki Hadjar Dewantara (1889 – 1959), Tsunesaburo Makiguchi (1871 – 1944), dan beberapa tokoh lainnya.  Suatu kebanggaan, Ibu pertiwi  pernah melahirkan putra terbaiknya dalam dunia pendidikan yang gagasannya menarik minat para akademisi didunia.

Sabtu, 23 Maret 2019

PERSIAPAN PISAH SAMBUT KEPALA MA NEGERI 2 GROBOGAN


Di penghujung bulan Maret 2019 ini, keluarga besar MA Negeri 2 Grobogan memiliki agenda istimewa, yakni pisah sambut Kepala MA Negeri 2 Grobogan yang lama Drs. H. Moh. Soef, M.Ag dan digantikan dengan Drs. H. Masrum, M.Pd.  Agenda ini istimewa bagi keluarga besar MA Negeri 2 Grobogan, karena untuk pertama kalinya MA Negeri 2 Grobogan melaksanakan kegiatan pisah sambut (pergantian Kepala baru).  Di bawah kepemimpinan Drs. H. Moh. Soef, MA Negeri 2 Grobogan melakukan relokasi tempat, semula berada di dusun Gayas desa Ringinharjo, menuju ke kota kecamatan (Gubug Grobogan).  Harapan besar bagi seluruh civitas MA Negeri 2 Grobogan, dengan pergantian Kepala Madrasah, MA Negeri 2 Grobogan menjadi lebih baik.  Capaian pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan oleh Kepala Madrasah sebelumnya (Drs. H. Moh. Soef, M.Ag) dapat lebih dikembangkan lagi oleh Kepala Madrasah yang baru (Drs. H. Masrum, M.Pd). Harapan besar juga termasuk peningkatan kualitas mutu, prestasi akademik dan non akademik, dan menjadikan MA Negeri 2 Grobogan menjadi kiblat pendidikan madrasah khususnya di kabupaten Grobogan.

Rabu, 20 Maret 2019

KONSEP TPACK-P PADA DUNIA PENDIDIKAN

Oleh : Mahbub Alwathoni
(Artikel sebelumnya pernah dimuat di harian Pontianak Post 2017)

Jurnal penelitian dari Mishra dan Koehler (2006) dengan judul Technological Pedagogical Content Knowledge : A framework for Teacher Knowledge, sampai saat ini telah menjadi acuan oleh banyak peneliti dan praktisi pendidikan dalam upaya mengembangkan beberapa model pembelajaran.  Istilah yang kemudian dikenal dengan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) adalah sebuah framework (kerangka kerja) dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi dan konten/materi pengetahuan (ontologis).