HEADLINE / PAPAN INFO TERBARU

man2

Informasi Penting : Pembelajaran Smt 1 TA. 2022/2023 di laksanakan mulai tanggal 18 Juli 2022. Berikut ini jadwal pembelajaran untuk kelas 10, 11, dan 12 klik Open Access. Jika terdapat jadwal yang tidak sesuai dapat menghubungi Staff Kurikulum Ibu Laila Romdhoningsih, S.Pd. Pembelajaran MA Negeri 2 Grobogan menggunakan moda Hybrid Learning (Pembelajaran campuran) E-Learning Madrasah dan Klasikal Tatap Muka. Kalender Akademik MAN 2 Grobogan TA. 2022/2023 dapat di unduh disini klik Open Access.

LINK EKSTERNAL : Perpustakaan Digital | Koleksi Buku Digital | Sieka ASN Kemenag RI | Ujian PAS Online | Rapor Online MAN 2 | SSO MAN 2 Grobogan | SSO Kemenag RI | MOOC MAN 2 Grobogan | Absensi Guru dan Pegawai WFH |


Minggu, 12 Juni 2022

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MAN 2 Grobogan TA. 2022/2023

Memasuki Tahun Ajaran Baru 2022/2023, lembaga pendidikan formal dimanapun dan disemua jenjang, mempersiapkan dengan sungguh-sungguh format kurikulum yang berlaku di sekolah atau madrasahnya. Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (download), pada dasarnya semua madrasah baik jenjang MI, MTs, dan MA baik swasta maupun negeri diberi kesempatan yang sama untuk melaksanakan kurikulum merdeka.  Pemberian kesempatan yang sama ini tak lepas dari kesiapan madrasah masing-masing.  Hal yang utama dalam menerapkan kurikulum merdeka ini adalah mindset guru sebagai pembelajar untuk menyadari pentingnya sebuah pendidikan pada abad-21 ini yang penuh kejutan dan tantangan. Kejutan berupa perkembangan teknologi dan informasi dengan kecepatan tinggi yang telah merubah perilaku sosial masyarakat pada semua bidang.  Tantangan pendidikan, terkait dengan efek penyerta (nurturant effect) dari kemajuan teknologi itu sendiri kepada peserta didik dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Makna merdeka pada kurikulum, adalah merdeka dalam belajar.  Merdeka belajar dapat diartikan sebagai suatu pendekatan yang dilakukan agar siswa atau peserta didik bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya siswa dapat mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa. Idealnya memang seperti ini, namun ada begitu banyak untuk mempersiapkannya. Pertama, merubah paradigma baru dalam dunia pendidikan di level komunitas madrasah terkait atau warga pembelajar di madrasah. Kedua, menyusun kurikulum operasional madrasah berdasarkan pertimbangan sosiologis, budaya, lokal, dan global untuk mempersiapkan warga pembelajar di masa depannya. Ketiga, monitoring dan evaluasi berkala dalam penerapan kurikulum merdeka.

MA Negeri 2 Grobogan, sebagai salah satu lembaga pendidikan formal di bawah Kementerian Agama RI yang berada di kecamatan Gubug kabupaten Grobogan, menyambut baik penuh optimis terhadap perubahan kurikulum dari KK-13 menuju ke Kurikulum Merdeka. Telaah secara internal yang dilakukan oleh Kurikulum MA Negeri 2 Grobogan menyebutkan, bahwa penerapan kurikulum ini tidak memberatkan siswa terkait dengan durasi pembelajaran per-pekan. Selain itu, hands on activity yang sangat mewarnai dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka, diyakini sangat membantu siswa dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih bermakna.  Memasuki Tahun Ajaran 2022/2023, MA Negeri 2 Grobogan telah mempersiapkan diri dalam menyusun kurikulum operasional yang akan diterapkan di MA Negeri 2 Grobogan, dan semua guru juga telah dipersiapkan serta dibekali beberapa instrumen dalam implementasi kurikulum merdeka.  Berikut ini beberapa dokumen penting yang perlu dipahami dan di persiapkan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.

  1. Modul Pembelajaran SMA/MA pada IKM | Open Access
  2. Panduan Pembelajaran dan Assesment pada IKM | Open Access
  3. Modul Ajar dan RPP pada IKM | Open Access 
  4. QA (Rangkuman Tanya Jawab) dan Buku Saku IKM | Open Access
  5. Capaian Pembelajaran Mapel Umum IKM Revisi Juni 2022 | Open Access
  6. Capaian Pembelajaran Mapel PAI Bahasa Arab IKM | Open Access
  7. Kurikulum Operasional MAN 2 Grobogan | Ongoing Process...
  8. Aplikasi Penilaian Guru Mapel pada IKM | Ongoing Process...

Pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), permasalahan yang juga sangat penting adalah bagaimana untuk mempersiapkan siswa/ peserta didik untuk benar-benar siap belajar khususnya pada kelas fase E. Keterlibatan orang tua/ wali sangat berpengaruh mengingat kurikulum merdeka berangkat dari merdeka belajar dengan definisi yang sebelumnya telah dijelaskan di awal.  Demikian informasi yang diterbitkan oleh Kurikulum MA Negeri 2 Grobogan sebagai persiapan dini memasuki Tahun Ajaran Baru 2022/2023. (Tim-Kurikulum MAN 2 Grobogan).

4 komentar:

  1. Terimakasih pencerahannya

    BalasHapus
  2. contoh kurikulum operasionalnya ya, trim

    BalasHapus
  3. wah informasinya bermanfaat bgt.
    ayo kuliah dikampusku dan temukan prodi impianmu disini walisongo.ac.id

    BalasHapus

Tulis Komentar Pertanyaan Untuk Postingan Ini